(laskar pelangi/ kamis, 8 Agustus 2024) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Darul Hikmah Tulunggagung mengadakan Sosialisasi KMA 450 Tahun 2024 tentang Implementasi Kurikulum Madrasah. hal ini merupakan intruksi dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang berkaitan dengan adanya beberapa perubahan kebijakan dan ketentuan dalam Pengimplementasian Kurikulum Madrasah.
Kegiatan Sosialisasi KMA 450 Tahun 2024 ini dihadiri oleh seluruh pengajar di lingkungan MTs dan MA Darul Hikmah Tulungagung, turut hadir dan membuka acara beliau pimpinan pondok Al-Ustadz KH. Irkhamni Khoirul Munzilin. M.Kom. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “terima kasih banyak kepada pengawas madrasah karena dengan adanya kegiatan ini dapat mengasah dan mengembangkan kompetensi guru dalam Implementasi kurikulum merdeka belajar di lingkungan MTs Dan MA Darul Hikmah Tulungagung.
Sosialisasi KMA 450 Tahun 2024 ini diisi langsung oleh Bapak Drs. Khoirul Huda, M.Ag. selaku Pengawas Madrasah di Wilayah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung. Beliau menyampaikan “tidak ada perbedaan antara kurikulum merdeka dengan kurikulum madrasah, hanya saja ada beberapa kebijakan dan ketentuan pengimplementasian yang harus disesuaikan dengan KMA 450 Tahun 2024”
Perbedaan KMA 347 Tahun 2022 dengan KMA 450 Tahun 2024 ditinjau dari tujuan dan fokus adalah pengimplementasiannya. KMA 347 Tahun 2022 menekankan pada penyempurnaan kurikulum sesuai dengan standar Nasional Pendidikan dan pengembangan kompetensi dasar pada pada jenjang pendidikan RA, MI, MTs, MA, dan MAK, Sedangkan KMA 450 Tahun 2024 fokus pada Implementasi Kurikulum dengan penekanan pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta integrasi aspek spiritual dan karakter dalam pembelajaran.
Struktur kurikulum KMA 347 Tahun 2022 mengatur struktur kurikulum berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik pada masing-masing jenjang pendidikan, sedangkan KMA 450 Tahun 2024 selain mengatur struktur kurikulum, juga memberikan panduan lebih rinci tentang pembelajaran tematik terpadu dan penguatan profil pelajar Pancasila.
Alhamdullilah kegiatan berjalan dengan lancar besar harapan semoga melalui kegiatan ini, kualitas pendidikan dan pembelajaran di lingkungan MTs dan MA Darul Hikmah Tulungagung menjadi lebih baik sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh lembaga, Aamiin. (msf)